KELAS VI - KATA TANYA APA, DI MANA, KAPAN, SIAPA, MENGAPA, BAGAIMANA - RABU, 18 AGUSTUS 2021




Assalamualaikum w.w.
Hai-hai anak-anak. Bagaimana kabar kalian?
Mari kita berdoa untuk memulai pelajaran hari ini.

Setelah itu, silakan bisa presensi di sini


Setelah presensi, kita lanjut pelajaran ya.
Anak-anak, hari ini kita akan belajar tentang
MENGGALI INFORMASI PENTING BERDASARKAN ASPEK APA, DI MANA, KAPAN, SIAPA, MENGAPA, BAGAIMANA
Silakan ikuti pelajaran hari ini dengan sungguh-sungguh.

Pertama-tama, silakan baca ringkasan materi berikut:

 KATA TANYA

Kata tanya digunakan untuk menanyakan hal tertentu. Setiap kata tanya memiliki kegunaan masing-masing. Dalam bahasa Inggris kita mengenal 5W+1H (what, where, when, who, why, how). dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “ADIK SIMBA” yaitu apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana. Kata tanya inilah yang digunakan untuk menentukan informasi dari bacaan.

Kata tanya

Kegunaan

Apa

Menanyakan arti/ makna, peristiwa, benda

Di mana

Menanyakan tempat

Kapan

Menanyakan waktu

Siapa

Menanyakan pelaku

Mengapa

Menanyakan alasan atau penyebab

Bagaimana

Menanyakan cara, proses urutan, atau keadaan


Contoh:

Bacalah teks berikut:

Tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Saigon, Vietnam untuk bertemu Marsekal Terauchi, Panglima Besar Tentara Jepang di Asia Tenggara. Panglima tersebut menyampaikan informasi bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Saat itu tentara Jepang sedang terdesak oleh Sekutu. Untuk menarik simpati rakyat Indonesia maka Jepang memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. 

Pertemuan tersebut memicu pertentangan antara golongan tua dan golongan muda di dalam negeri. Terjadi perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur oleh Jepang. Mereka menginginkan proses kemerdekaan Indonesia disiapkan oleh bangsa Indonesia sendiri tanpa campur tangan asing.

Berdasarkan teks tersebut maka dapat ditentukan informasi menggunakan “ADIK SIMBA” sebagai berikut:

  1. Apa informasi yang hendak disampaikan Marsekal Terauchi kepada Ir. Soekarno, Moh, Hatta, dan Dr. Radjiman saat di Dalat?
  2. Di mana Ir. Soekarno, Moh, Hatta, dan Dr. Radjiman hendak menemui Marsekal Terauchi?
  3. Kapan Ir. Soekarno, Moh, Hatta, dan Dr. Radjiman pergi ke Dalat untuk menemui Marsekal Terauchi?
  4. Siapa yang hendak ditemui Ir. Soekarno, Moh, Hatta, dan Dr. Radjiman saat pergi ke Dalat?
  5. Mengapa Jepang ingin memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia?
  6. Bagaimana pendapat golongan muda terhadap Jepang yang ingin memberikan kemerdekaan pada bangsa Indonesia?

Pertanyaan hendaknya dibuat yang sejelas-jelasnya sehingga tidak menimbulkan makna ganda dan jawaban terbuka. Berdasarkan pertanyaan tersebut maka dapat ditentukan informasi penting yaitu:

 

Aspek

Informasi

Apa

Marsekal Terauchi, Panglima Tentara Jepang di Asia Tenggara memberikan informasi kepada Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Dr. Radjiman bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Di mana

Ir. Soekarno, Moh, Hatta, dan Dr. Radjiman hendak menemui Marsekal Terauchi di Dalat, Saigon, Vietnam.

Kapan

Ir. Soekarno, Moh, Hatta, dan Dr. Radjiman menemui Marsekal Terauchi pada tanggal 9 Agustus 1945.

Siapa

Ir. Soekarno, Moh, Hatta, dan Dr. Radjiman hendak menemui Marsekal Terauchi

Mengapa

Jepang memberikan kemerdekaan kepada rakyat Indonesia untuk menarik simpati rakyat Indonesia.

Bagaimana

Golongan muda menginginkan proses kemerdekaan Indonesia disiapkan oleh bangsa Indonesia sendiri tanpa campur tangan asing.



Mudah bukan? Saat kelas V kalian pernah mempelajari materi ini.
Sekarang baca teks yang ada di LKS tema 2 halaman 7.
Tugas anak-anak adalah mengerjakan LKS tema 2 halaman 8 no 1-6.
Kerjakan di buku tugas ya .

Jika sudah, foto pekerjaanmu dan kirim foto dengan mengunggah/ menguploadnya di sini 

Itu saja tugas hari ini.
Selamat mengerjakan 😉